Jumat, 08 Juni 2012

MODIFIKASI MOBIL

Dua hal yang harus diperhatikan saat memodifikasi mobil untuk pemula, inovasi dan teliti. Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

Bagi yang hobi atau gemar dengan otomotif, kurang lengkap rasanya melihat mobil dalam kondisi standar pabrik. Rasa ingin mengubah tampilan atau bahkan menaikkan performa mesin tersirat dalam pikiran. Dalam sejarahnya, modifikasi mobil atau dikenal dengan nama car tuning di negara-negara barat mulai menyebar tahun 90-an.

Saat itu Nissan Skyline garapan produsen Jepang hadir di benua Eropa dan Amerika. Tampilannya yang sporty dan performa mesin layaknya mobil balap membuat penggemar otomotif mulai gemar memodifikasi mobil. Nah, bagi Anda yang baru berniat terjun di dunia ini tidak ada salahnya mengikuti tips berikut :
  1. Konsep dan anggara
    Saat pertama kali mencoba sesuatu hal baru terkadang semangat yang muncul sangat besar. Dalam hal modifikasi ini harus diwaspadai, kenapa? "Kalau terlalu bersemangat dan tidak ada konsep serta langkah-langkah yang jelas, Anda bisa over budget dan menyesal dengan hasilnya," kata Reindy Riupassa, King of Jazz 2011 yang juga memiliki bengkel modifikasi BTX Concept.

    Maka sebelum memulai modifikasi, tentukan dahulu konsep yang ingin Anda terapkan pada mobil kesayangan. Ada banyak tema dalam modifikasi, mulai dari sporty, racing, elegan dan saat ini yang cukup ngetren ialah extreme style yakni merubah total bentuk mobil seperti dimensi yang berubah (lebih panjang/limosin) atau merubah tipe mobil, dari awalnya tipe sedan dimodifikasi menjadi SUV Setelah menentukan tema, lanjut dengan menentukan biaya yang sudah anda siapkan.



    Meskipun beberapa modifikator ada yang tidak peduli dengan biaya tapi bagi Anda pemula hal ini penting.

    Jangan lupa untuk mencari bengkel modifikasi terpercaya dan sering berkonsultasi dengan orang bengkel. "Jangan takut mencoba sesuatu yang baru. Seperti yang gw lakukan, menggunakan karbon untuk tema elegan. Padahal karbon identik dengan sporty," kata pria asal Bandung ini.
  2. Daftar komponen
    Sudah selesai menentukan konsep dan anggaran biaya, buat daftar komponen yang harus dibeli. Bila ada komponen yang sulit didapat, ada kemungkinan Anda harus membeli diluar kota atau bahkan diluar negeri. Catat juga barang yang sudah dibeli untuk menghindari pembelian dua kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar